Selasa, 24 Mei 2011

TES PERKOLASI

Perkolasi adalah proses mengalirnya air ke bawah secara gravitasi dari suatu lapisan tanah ke lapisan di bawahnya, sehingga mencapai permukaan air tanah pada lapisan jenuh air. Tes perkolasi ini bertujuan untuk menentukan besarnya luas medan peresapan yang diperlukan untuk suatu jenis tanah dari tempat percobaan. Semakin besar daya resap tanah, maka semakin kecil luas daerah peresapan yang diperlukan untuk sejumlah air tertentu. Mengingat setiap daerah memiliki jenis tanah yang berbeda maka daya resap tanahnya juga akan berbeda pula.
Tes perkolasi dilakukan untuk mendapatkan nilai permeabilitas tanah. Permeabilitas tanah merupakan kemampuan tanah untuk memungkinkan terjadinya aliran rembesan dari air melalui rongga pori dalam waktu tertentu yang menyebabkan tanah bersifat jenuh. Tanah dengan permeabilitas tinggi menunjukan laju infiltrasi (penyerapan) yang tinggi. Dalam melakukan perancangan dimensi sumur resapan dibutuhkan data koefisien permeabilitas tanah (k) untuk mengetahui kondisi tanah di lokasi, yaitu besarnya laju infiltrasi air ke dalam tanah. Hal ini berkaitan dengan kemungkinan air yang dapat diresapkan ke dalam sumur resapan. Data yang digunakan dapat berupa data primer dengan pengujian langsung di lapangan, seperti tes perkolasi, pengujian di laboratoriun melalui jenis tanah, atau berupa data sekunder dari data geologi kondisi tanah setempat.
Dari hasil percobaan perkolasi di lapangan dapat dihasilkan waktu penurunan selama 2,5 menit. Dari Tabel 2.5 maka dapat diketahui medan peresapan yang diperlukan untuk menghitung besar daerah yang dibutuhkan dalam m2.
Tabel 2.5 Medan Peresapan
Angka rembesan (waktu yang diperlukan untuk turunnya air 2,5 cm dalam menit) Medan peresapan yang diperlukan (dasar lubang peresapan dalam m2)
2 atau kurang 2,3
3 2,8
4 3,25
5 3,5
10 4,65
15 5,35
30 7
45 8,45
60 9,3
Lebih dari 60 Tidak cocok untuk sistem perembesan
Sumber : Air Llimbah, Sugiharto
Catatan:
Bahwa dalam perhitungan medan peresapan yang terdapat pada Tabel 2.5 adalah atas dasar perhitungan untuk mengalirkan air sebanyak 190 liter atau 0,19 m3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar